Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Penyelamatan Planetarium, Gerhana Bulan Total

Sedang Trending 6 bulan yang lalu 235
Minggu, 6 November 2022 22:15 WIB
Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) di Cikini, Jakarta Pusat, telah selesai. Namun, tiba hari ini Planetarium dan Observatorium Jakarta tetap ditutup. Tak ada kunjungan publik apalagi kegiatan peneropongan bintang.

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno Berita Hari Ini dimulai dari topik tentang seruan dan rekomendasi untuk Pemerintah DKI Jakarta tentang penyelamatan kegunaan planetarium dan observatorium tersebut. Revitalisasi TIM (Taman Ismail Marzuki) oleh Pemerintah DKI malah dianggap menyebabkan devitalisasi bagi Planetarium Jakarta yang ada di dalamnya.

Berita terpopuler selanjutnya tentang fenomena habitat gerhana bulan total akan muncul pada Selasa, 8 November 2022. Gerhana bulan total ini dapat diamati dari seluruh daerah di Samudra Pasifik dari Amerika Selatan, Amerika Utara, Siberia, Asia Timur, Australia, Asia Tenggara termasuk Indonesia. 

Selain itu, status mahasiswa S3 program studi Manajemen Universitas Hasanuddin (Unhas) yang tak memenuhi syarat akhirnya tak lulus. Hal itu diungkapkan oleh Rektor Unhas Jamaluddin Jompa. Meski begitu dia enggan membeberkan siapa sosok mahasiswa doktoral yang tak memenuhi syarat kelulusan itu. "Jangan cari-cari lagi siapa mahasiswa itu," ujarnya pada Jumat, 5 November 2022.

1. Revitalisasi TIM Devitalisasi Planetarium Jakarta, Ini 7 Seruan untuk DKI

Diskusi publik “Planetarium dan Observatorium Jakarta: Garda Depan Pemajuan Kebudayaan via Ilmu” berujung seruan dan rekomendasi untuk Pemerintah DKI Jakarta tentang penyelamatan kegunaan planetarium dan observatorium tersebut. Revitalisasi TIM (Taman Ismail Marzuki) oleh Pemerintah DKI malah dianggap menyebabkan devitalisasi bagi Planetarium Jakarta yang ada di dalamnya.

"Yang berfungsi dari Planetarium dan Observatorium Jakarta ini tiba-tiba tinggal 10-20 persen," kata Seno Gumira Ajidarma, Ketua Akademi Jakarta, dalam obrolan itu yang diselenggarakan di Ruang Pertunjukan Teater Bintang, Planetarium Jakarta, pada Sabtu siang, 5 November 2022.

Seno menyebut kondisi Planetarium Jakarta yang malah memburuk daripada sebelum ada revitalisasi TIM. Teater Bintang yang menjadi primadona, misalnya, menjadi tak dapat sama sekali digunakan menggelar pagelaran astronomi lagi hingga hari obrolan ini digelar. Begitu juga observatorium yang kehilangan akses tangga dan pintu sehingga teleskop 'terisolir'.

Secara keseluruhan, Seno menilai, terjadi penciutan planetarium dan observatorium, serta ruang berkarya dan berkreasi bagi sumber daya manusianya. Menurut dia, apa yang didapati saat ini merupakan indikasi kalau revitalisasi TIM dilaksanakan tanpa memperhitungkan Planetarium Jakarta sebagai penyumbang pemajuan kebudayaan yang perlu didukung dengan serius. 

2. Gerhana Bulan Total, Observatorium Astronomi ITERA Buka Dua Lokasi Pengamatan

Fenomena habitat gerhana bulan total akan muncul pada Selasa, 8 November 2022. Gerhana bulan total ini dapat diamati dari seluruh daerah di Samudra Pasifik dari Amerika Selatan, Amerika Utara, Siberia, Asia Timur, Australia, Asia Tenggara termasuk Indonesia. 

Observatorium Astronomi Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Lampung atau OAIL tak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk memperkenalkan astronomi kepada warga.

Aditya Abdillah Yusuf, peneliti Observatorium Astronomi ITERA, mengatakan lembaganya mengadakan tiga acara bersamaan sehubungan gerhana ini. OAIL membuka letak pengamatan di dua tempat dan mengundang penduduk untuk menyaksikan gerhana.

Lokasi pertama di kawasan Lampung Fair, PKOR Lampung. Pengamatan akan dilakukan dengan secara visual menggunakan eyepiece dan teleskop katadioptrik Meade LX-90 dengan diameter 20 cm f/10. Pada venue ini juga akan ditampilkan live streaming dari teleskop OZT-ALTS.

3. Kisruh Intervensi Dekan FEB Unhas, Rektor: Mahasiswa S3 Tak Diluluskan

Status mahasiswa S3 program studi Manajemen Universitas Hasanuddin (Unhas) yang tak memenuhi syarat akhirnya tak lulus. Hal itu diungkapkan oleh Rektor Unhas Jamaluddin Jompa. Meski begitu dia enggan membeberkan siapa sosok mahasiswa doktoral yang tak memenuhi syarat kelulusan itu. "Jangan cari-cari lagi siapa mahasiswa itu," ujarnya pada Jumat, 5 November 2022.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Abdul Rahman Kadir sebelumnya mengintervensi guru besar di fakultas tersebut untuk meluluskan mahasiswa S3 tersebut. Padahal, mahasiswa tersebut tak layak lulus karena tak memenuhi persyaratan. Kasus itu berujung pada aktivitas guru besar yang mengundurkan diri karena tak terima dengan kebijakan dekan.

Namun, setelah dimediasi oleh Rektor Unhas, kasus tersebut berujung damai. Sebanyak tujuh guru besar yang mengundurkan diri, menurut Jamaluddin, sudah kembali mengajar dan saling memaafkan. Adapun sebelumnya Jamal mengaku telah membikin tim verifikasi untuk mengumpulkan fakta-fakta di lapangan. Dia menyebut memang terjadi masalah internal di fakultas tersebut. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di Tempo.co.

Baca:
Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Set Top Box, Prakiraan Cuaca, TV Digital

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan warta pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.






5 jam lalu

BMKG Prakirakan Bandung Hujan Ringan Saat Gerhana Bulan Total 8 November

BMKG Stasiun Geofisika Bandung akan menggelar pengamatan gerhana bulan total 8 November bersama warga.


6 jam lalu

7 Fase Gerhana Bulan Total 8 November di Indonesia

Data pengamatan gerhana bulan total akan langsung dikirim ke server di BMKG pusat.


7 jam lalu

Planetarium Jakarta Ajak Warga Amati Gerhana Bulan Total, Tersedia 15 Teleskop

Pengamatan gerhana bulan total dilakukan pada pukul 18.00-21.00 WIB di Plaza Gedung Teater Jakarta.


13 jam lalu

Top 3 Tekno Berita Kemarin: Mencari Siaran Digital, Dekan di Unhas

Sebagian televisi digital, atau yang sudah dilengkapi set top box (STB), rupanya tak bisa menangkap seluruh siaran digital stasiun televisi.


15 jam lalu

Gerhana Bulan Total, Observatorium Astronomi ITERA Buka Dua Lokasi Pengamatan

Observatorium Astronomi ITERA Lampung mengundang penduduk untuk menyaksikan gerhana bulan total.


20 jam lalu

Revitalisasi TIM Devitalisasi Planetarium Jakarta, Ini 7 Seruan untuk DKI

kondisi Planetarium Jakarta yang malah memburuk daripada sebelum ada revitalisasi TIM. Yang berfungsi tinggal 10-20 persen.


1 hari lalu

Kisruh Intervensi Dekan FEB Unhas, Rektor: Mahasiswa S3 Tak Diluluskan

Status mahasiswa S3 program studi Manajemen Universitas Hasanuddin (Unhas) yang tak memenuhi syarat akhirnya tak lulus.


1 hari lalu

Profil Abdul Rahman, Dekan FEB Unhas yang Intervensi Guru Besar Agar Luluskan Mahasiswa S3

Seperti apa sosok Abdul di kampus sehingga nekat memaksa kelulusan mahasiswa S3 Unhas yang tak layak?


2 hari lalu

Interversi Dekan dan 7 Guru Besar Mundur, Kemendikbud Minta Unhas Selesaikan Secara Mandiri

Unhas mesti mempunyai mekanisme internal untuk penjaminan mutu dan resolusi konflik yang dapat dilakukan secara mandiri.


3 hari lalu

Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Set Top Box, Prakiraan Cuaca, TV Digital

Topik tentang set top box atau STB menjadi warta terpopuler Top 3 Tekno Berita Hari Ini.


Selengkapnya