Tips Menghindari FOMO

Sedang Trending 6 bulan yang lalu 93
Selasa, 1 November 2022 20:28 WIB
Ilustrasi wanita stalking media sosial. Freepik.com/Kamran Aydinov

TEMPO.CO, Jakarta - Fear of Missing Out atau FOMO ialah kondisi orang merasa cemas atau takut ketinggalan informasi atau tren di media sosial. Istilah FOMO pernah terkenal di 2004–2011 dan kini terkenal lagi, biasanya dipakai ketika membahas psikologi. Fenomena FOMO dipercepat oleh perkembangan media sosial yang semakin pesat. 

Banyaknya informasi yang diterima dari media sosial dapat menyebabkan FOMO. Kondisi ini kerap terjadi di kalangan anak muda yang aktif bermedia sosial. Banyak yang berlomba menjadi yang paling up to date dalam memberikan informasi dan menunjukkan kesenangan di media sosial. Padahal, belum tentu hal yang up to date bagus untuknya. 

FOMO sangat dekat dengan kehidupan saat ini. Sebagai contoh, ketika diajak keluar oleh teman, tanpa pikir panjang kita setuju ikut karena takut melewatkan momen seru kalau tak ikut. Contoh lain adalah memaksakan diri membeli barang dan makanan yang sedang tren karena tak mau ketinggalan zaman, dan tetap banyak contoh FOMO lain yang dialami masyarakat era sekarang.  

Penyebab
Salah satu penyebab FOMO ialah penggunaan media sosial. Orang yang sering menonton kehidupan orang lain di media sosial dapat terpicu untuk membandingkan kehidupannya dengan orang lain. Hal ini dapat menimbulkan kecemasan karena merasa hidupnya tak lebih senang dari orang lain. 

Gejala 
FOMO dapat dialami siapa saja. Agar tak salah sangka, berikut sejumlah gejala FOMO yang perlu diketahui. 
-Tidak dapat jauh dari media sosial. 
-Lebih peduli media sosial daripada kehidupan nyata. 
-Selalu mau tahu hidup orang lain. 
-Selalu mau ikut tren ataupun informasi terbaru. 
-Berusaha dan memaksakan diri melakukan sesuatu atau membeli sesuatu yang sedang tren agar tak ketinggalan zaman. 
-Sulit berbicara tak terhadap bujukan orang lain. 
-Ingin diakui di media sosial. 

Dampak 
FOMO dapat berdampak pada ketidakbahagiaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Ketidakbahagiaan timbul karena merasa tak cukup puas dengan kebahagiaan sendiri karena lanjut merasa iri pada orang lain. Selain itu, FOMO dapat berdampak pada menurunnya kepercayaan diri. 

Kegiatan membandingkan diri tak akan ada habisnya karena akan selalu ada orang yang terlihat lebih bagus dari kita. Perlu diingat, kita tak perlu merasa menjadi orang yang paling tak senang karena setiap orang yang mempertontonkan kebahagiaan di media sosial niscaya mempunyai masalah yang tak kita ketahui.  

Cara mengatasi 
Jika timbul gejala FOMO, Anda perlu segera mengatasinya. Kunci sembuh dari FOMO ialah dengan lanjut meningkatkan kepercayaan diri. Ada beberapa kegiatan yang dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri. 

Tulis jurnal 
Menulis jurnal dapat menjadi salah satu tempat untuk menuangkan segala pikiran dan perasaan. Kalau merasa cemas dan berbagai emosi lain, menulis jurnal dapat membantu rileks. Selain itu, menulis jurnal dapat menjadi kenangan di kemudian hari. 

Ngobrol dengan kawan  
Bagi yang lebih suka bercerita untuk mengutarakan pikiran dan perasaan, ini langkah yang cocok. Bicara dan berkumpul dengan kawan dapat membantu menghalau pikiran negatif dan kesepian.   

Fokus terhadap diri sendiri 
Sering memantau kehidupan orang lain membikin kita kurang menghargai diri sendiri. Alangkah lebih bagus kalau kita sadar setiap orang mempunyai jalan hidup masing-masing. Hal tersebut dapat membikin kita lebih menghargai upaya diri sendiri. 

Membatasi penggunaan gawai 
FOMO dipicu oleh kegiatan bermedia sosial. Jadi, kalau mau mengatasi FOMO perlu adanya pembatasan dalam  bermedia sosial. 

Sibuk dengan tujuan hidup 
Setiap orang mempunyai tujuan hidup masing-masing. Jadi, tak apa kalau Anda tahu lewat media sosial Anda berbeda dari orang lain.  Pasalnya, setiap orang memang sibuk dengan masalah dan tujuan hidup masing-masing. Fokus di bumi konkret dapat membantu dekat dengan tujuan hidup dan terhindar dari FOMO.

Baca juga: Ciptakan FOMO, Ini Dampak Main TikTok bagi Kesehatan Mental






19 jam lalu

Elon Musk Resmi Beli Twitter, Mengapa Para Bos Dipecat?

Elon musk formal mengakuisisi Twitter dengan nilai fantastis. Dalam permulaannya memimpin, ia memecat para petinggi perusahaan penyedia sosmed itu.


1 hari lalu

Lion Air Laporkan Akun Lelah Miskin Project ke Bareskrim Karena Video Parodi

Maskapai Lion Air Group melaporkan akun media sosial @lelahmiskinproject dan @ramdanalamsyah.id ke Bareskrim Mabes Polri.


1 hari lalu

Elon Musk Sebut Twitter Akan Revisi Verifikasi Pengguna, Centang Biru Berbiaya?

Twitter dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk membebankan biaya untuk tanda centang biru yang memverifikasi identitas pemegang akunnya.


1 hari lalu

Pakar Ingatkan Bahaya Jejak Digital: Dapat Dimanfaatkan Secara Negatif

Terdapat dua jenis jejak digital, merupakan aktif dan pasif.


1 hari lalu

Panduan Refund Tiket Berdendang Bergoyang Festival, tiba 2 November

Berdendang Bergoyang Festival melayani pengembalian uang tiket tiba 2 November 2022.


2 hari lalu

Ingin Polwan Bijak Bermedia Sosial, Fadil Imran: Nila Setitik Bisa Rusak Susu Sebelanga

Fadil Imran meminta seluruh polisi wanita (polwan) di jajaran Polda Metro Jaya untuk bersikap bijak dalam menggunakan media sosial.


3 hari lalu

Tyra Banks Bicara Tren Fashion dan Rahasia Kulitnya yang Jarang Berjerawat

Tyra Banks banyak terinspirasi dari sang ibu, satu nasihatnya yang tak pernah dia lupakan ialah tentang pemakaian pelembap.


3 hari lalu

Elon Musk Akuisisi Twitter, Donald Trump Pakai Platform Sendiri

Donald Trump senang Twitter berada di "tangan yang waras" setelah Elon Musk mengakuisisinya. Trump tak mengatakan apakah ia akan kembali ke Twitter.


3 hari lalu

Polisi Awasi 30 Sekolah di Jakarta Barat, Kerap Tawuran Karena Ejekan di Medsos

Kapolres Metro Jakarta Barat mengajak para siswa dari sekolah yang kerap tawuran agar tak mudah tersulut emosi.


4 hari lalu

Pecat CEO Twitter, Elon Musk Sebut Ingin Mengalahkan Bot Spam

Sebelum menutup akuisisi US$ 44 miliar, Elon Musk melangkah ke markas Twitter pada hari Rabu dengan senyum lebar dan membawa wastafel porselen.


Selengkapnya