Tidur Terhubung ke Kadar Gula Darah: Begini Naikkan Kualitas Tidur dan Jaga Kadar Gula

Sedang Trending 7 bulan yang lalu 136
Rabu, 12 Oktober 2022 14:57 WIB
Ilustrasi tes gula darah penderita glukosuria (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta -Kadar gula darah mengacu pada jumlah glukosa dalam tubuh yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Glukosa merupakan sumber daya utama bagi sel-sel tubuh. Penting untuk menjaga kadar gula darah, tak boleh terlalu tinggi atau rendah.

Merujuk pada Centers for Disease Control and Prevention (CDC), normalnya kadar gula darah yang bagus berkisar pada 99 mg/dL atau lebih rendah. Sementara itu, 100 hingga 125 mg/dL menunjukkan pradiabetes, dan 126 mg/dL atau lebih tinggi menandakan diabetes. Kadar gula darah di luar jumlah normal dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung, kehilangan penglihatan, dan penyakit ginjal.

Kurang Tidur

Kurang tidur merupakan penyebab krusial dari kekhawatiran yang dapat mempengaruhi kadar gula darah. Berikut ialah sejumlah langkah alami untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengatur gula darah seperti dirangkum dari Times of India. 

1. Sesuaikan Asupan Makanan

Asupan makanan sehat dan bergizi krusial untuk menjaga kadar gula darah tetap konsisten yang meliputi pembatasan asupan karbohidrat dalam diet untuk mengatur kadar insulin. Sertakan lemak Omega-3 dalam makanan yang terdapat pada salmon, biji rami, kedelai, ikan, telur, kacang-kacangan dan kacang-kacangan. Hindari makanan yang terbuat dari tepung putih seperti roti atau pasta, dan makan biji-bijian seperti beras merah, oat gulung, dan barley.

Orang dengan kadar gula darah rendah disarankan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula alami, seperti jus, madu, dll. Sertakan makanan tinggi serat larut seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Minum banyak air setiap hari untuk menjaga diri tetap terhidrasi.

Baca juga : Penderita Diabetes Tipe 2 Haru Cerman Mengonsumsi Beberapa Menu Sehat 

2. Kurangi Stres

Tidur sangat krusial untuk mengurangi stres, dan mengurangi stres sangat krusial untuk kualitas tidur. Beberapa langkah lain untuk mencapai hal ini meliputi jalan sigap selama 30-40 menit setiap hari, berlari, berlatih yoga dan meditasi, bernapas dalam-dalam, dan melatih perhatian. Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas santuy yang diminati seperti perawatan kulit, membaca buku, atau melukis. 

3. Menjaga Berat Badan

Saat berat badan meningkat, kadar gula darah juga dapat meningkat. Jika kelebihan berat badan atau kegemukan dan mempunyai kadar gula darah tinggi, krusial untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menemukan bahwa kehilangan 1 kg dapat mengurangi tekanan darah sekeliling 1mmHg. Menurut Hopkins Medicine, pada orang dengan pra-diabetes atau diabetes, maka kehilangan 5-10 persen dari berat badan dapat meningkatkan kadar gula darah. 

4. Pantau Jumlah Gula Darah Rutin

Memeriksa kadar gula darah secara rutin dapat membantu penderita glukosuria atau pradiabetes memahami makanan, obat-obatan, atau aktivitas fisik mana yang dapat memengaruhi kadar gula darah. Hal ini juga dapat membantu menentukan rencana perawatan glukosuria yang bagus dan mencegah komplikasi glukosuria seperti serangan jantung, stroke, penyakit ginjal, kebutaan, dan amputasi.

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan warta pilihan di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung.






1 hari lalu

Sebelum Putuskan Ikut Terapi Hiperbarik Pahami Beberapa Efek Sampinnya

Terapi hiperbarik atau HBOT mempunyai berbagai faedah kesehatan, tapi sebaiknya harus memahai pula dampak sampingnya.


2 hari lalu

Ahli Gizi Sebut Apel Hijau Lebih Baik daripada Apel Merah bagi Penderita Diabetes

Meskipun apel merah rasanya lebih manis, apel hijau mengandung lebih sedikit gula, lebih banyak serat dan antioksidan.


2 hari lalu

7 Jenis Istirahat Menurut Ahli dari Fisik hingga Spiritual

Jelas Anda membutuhkan lebih banyak istirahat fisik ketika Anda lelah, lesu, pusing, atau kalau Anda mempunyai ketegangan otot


2 hari lalu

3 Tips Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat untuk Usia 30-an

Anda mungkin berpikir bahwa kunci untuk menurunkan berat badan ialah menjaga jumlah kalori serendah mungkin


2 hari lalu

Mukjizat, Anak Tiga Tahun Ini Selamat dari Penembakan Massal di Thailand

Seorang anak wanita berusia tiga tahun secara ajaib selamat dari penembakan massal di Thailand


3 hari lalu

Bukan Wisata, Ini Cara Healing yang Lebih Dianjurkan

Tubuh juga perlu istirahat untuk mengisi daya agar dapat menjalankan aktivitas kembali. Namun, apa kegiatan healing yang lebih tepat?


4 hari lalu

Penderita Diabetes Tipe 2 Harus Cermat Mengonsumsi Beberapa Menu Sehat

Penderita glukosuria tipe 2, harus memastikan untuk memilih makanan yang kaya nutrisi dengan menyediakan serat, vitamin, dan mineral


4 hari lalu

Manfaat Mengonsumsi Bawang Merah dan Bawang Putih untuk Atasi Diabetes

Berdasarkan penelitian, seteleh dikonsumsi selama empat jam, bawang merah dapat menurunkan kadar glukosa pada darah.


4 hari lalu

5 Kebiasaan Baik untuk Meningkatkan Kualitas Tidur pada Malam Hari

Kebiasaan sehari-hari mempunyai beberapa dampak samping yang jelek pada kualitas tidur


5 hari lalu

Makanan dan Minuman Manis Bisa Bikin Ketagihan, Kenapa?

Gula mengaktifkan rangsangan pecandu di otak yang mengarah perilaku memaksa atau kompulsif untuk mengonsumsi makanan dan minuman manis


Selengkapnya