Rumus Nafa Urbach Akur dengan Mantan Suami: Forgive, Forget, and Move On

Sedang Trending 8 bulan yang lalu 150

Senin, 26 September 2022 23:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi dan aktris, Nafa Urbach dan mantan suami, Zack Lee tetap berhubungan baik, meski telah berpisah pada 2017. Selain demi mengurus putri mereka, Mikhaela Lee Juwono, Nafa mengaku sudah tutup kitab dengan rumah tangganya.

"Gue memutuskan untuk melupakan dan maju ke depan. Jadi, kayak saya sama Zack itu forgive, forget, and move on (memaafkan, melupakan, dan maju ke depan)," ujar Nafa dalam podcast TS Talks episode 179 yang diunggah di kanal Youtube TS Media, Senin, 26 September 2022.

"Karena seluruh hal yang terjadi, gue ngerasa gue didewasakan, secara roh, sikap, dan karakter, gue didewasakan. Jadi, pas waktu gue memutuskan yaudah kita move on aja, kita lupain, anggap aja itu suatu pelajaran, proses kehidupan, anggap itu proses sahabat, ayo kita jalan sebagai sahabat dan teman. Jadi, Zack punya respons hati yang luar biasa juga," sambung wanita 42 tahun itu kepada Marianne Rumantir dan Ersa Mayori yang menjadi pemandu podcast saat itu.

Nafa juga mengungkapkan kerelaan hati mereka berdua untuk lebih memandang ke masa depan ketimbang mengungkit luka-luka di pernikahan berkat Tuhan. Menurutnya, Tuhan yang paling berkuasa mengubah hati umatnya.

"Satu hal ada kombinasi tangan Tuhan di dalamnya, itu yang paling penting. Karena kalau tak ada kombinasi tangan Tuhan, saya rasa gak akan pernah dapat mempunyai sikap hati yang benar. Karena sebenarnya marah, dendam, sakit hati itu kan keputusan, ya," jelasnya.

Nafa Urbach dan Zack Lee bersama anak mereka, Mikhaela Lee Juwono (Instagram/@nafaurbach)

Saat ditanya soal respons putrinya yang kini berusia 11 tahun itu terkait perceraian, Nafa mengatakan ia dan Zack berikhtiar mencontohkan respons positif saat bersama. 

"Mika itu anaknya sangat kritis dan suka bertanya. Mika juga ngelihat kejadian bagaimana kehidupan mama dan papanya sebelum pisah dan sesudah cerai, dia ngelihat. Jadi, anak itu terbiasa dengan yang dia lihat, tapi kalau kita sebagai orang uzur mempunyai respons yang benar di depan anak kita, otomatis anak itu juga akan meniru respons yang dilakukan ibunya," tuturnya.

"Penting banget lakukan kita untuk apa pun yang terjadi dalam rumah tangga, kita harus mempunyai respons hati yang benar, imbuhnya.

Nafa pun mengisahkan kiatnya merawat ikatan antara bunda dan anak dengan Mika, merupakan mereka berbincang dari hati ke hati sebelum tidur malam

"Aku biasain, jadi malam itu sebelum kita tidur, ada quality time, Mika and mommy time. Ngobrol," ujarnya.

Salah satu tema obrolan mereka ialah calon pasangan Nafa. Mika kerap menanyakan Nafa kenapa belum dekat dengan pria, seperti Zack yang sudah menjalin hubungan dengan pasangannya.

" 'Mami kok gak pernah ngenalin Mika pacar mami?' udah mulai (penasaran)," ucapnya.

"Mami konsentrasi kerja dulu, adek mo sekolah di luar negeri, tabungannya mesti banyak. Mami konsentrasi kerja dulu, adek doain mami aja, gak usah nanya-nanya yang kayak gitu," kenang Nafa Urbach saat menjawab kepada putrinya.

Baca juga: Unggah Foto Zack Lee, Nafa Urbach Ingat Momen Ayah dan Anak

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Selengkapnya