Arab Saudi Beri Bantuan Kemanusiaan Rp6,1 Triliun ke Ukraina

Sedang Trending 7 bulan yang lalu 111
Sabtu, 15 Oktober 2022 15:51 WIB
Putra Mahkota Saudi Mencuci Kakbah. arabnews.com

TEMPO.CO, JAKARTA--Arab Saudi akan memberikan donasi kemanusiaan senilai US$400 juta atau sekeliling Rp6,1 triliun ke Ukraina. Hal ini diungkapkan kantor warta Saudi SPA seperti dilansir Reuters Sabtu 15 Oktober 2022.

SPA mengatakan bahwa pemberian donasi ini disampaikan Putra Mahkota Mohammed bin Salman dalam panggilan telepon ke Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Jumat. Paket donasi kemanusiaan untuk Ukraina ini diharapkan berkontribusi untuk meringankan penderitaan penduduk Ukraina akibat konflik Rusia Ukraina.

Putra mahkota juga menyatakan kesiapan kerajaan Saudi untuk melanjutkan upaya mediasi Rusia Ukraina dan mendukung segala sesuatu yang berkontribusi pada de-eskalasi, tambah SPA.

Baca juga: Putin Telepon Pangeran Arab Saudi, Bahas Perang Ukraina hingga Minyak

Sebelumnya, Zelensky mengucapkan selamat kepada Putra Mahkota karena dinobatkan sebagai perdana menteri Kerajaan bulan lalu. Ia juga berterima kasih atas bunyi Riyadh di Sidang Umum PBB yang mengutuk aneksasi daerah Ukraina oleh Rusia.

“Berbicara dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Terima kasih telah mendukung integritas teritorial Ukraina, resolusi di Majelis Umum PBB,”kata Zelensky dalam sebuah tweet.

Pada Rabu, Arab Saudi, bersama dengan 142 negara personil lainnya, memberikan bunyi mendukung resolusi PBB yang mengutuk langkah pencaplokan Rusia di Ukraina.

Abdulaziz Alwasil, perwakilan Saudi untuk PBB, mengatakan pemungutan bunyi itu sejalan dengan posisinya “menjunjung tinggi prinsip-prinsip yang diabadikan dalam Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa.”

Selain memberikan donasi kemanusiaan, Arab Saudi memainkan peran dalam pembebasan tawanan perang Ukraina yang ditahan oleh pasukan Rusia. Putra Mahkota Saudi MBS memainkan peran sentral dalam upaya mediasi bulan lampau yang sukses membebaskan 10 tawanan perang (POW), termasuk dua orang Amerika.

Baca juga: Arab Saudi Tak Mau Pilih Ukraina atau Rusia

REUTERS






17 jam lalu

Putin: Mobilisasi Warga Penting untuk Pertahankan Garis Depan

Presiden Putin mengatakan bahwa pemanggilan pasukan cadangan Rusia untuk berperang di Ukraina, sangat krusial untuk mempertahankan garis depan


18 jam lalu

Ukraina Klaim Bebaskan 600 Pemukiman dari Pendudukan Rusia

Ukraina mengklaim telah membebaskan lebih dari 600 permukiman dari pendudukan Rusia dalam sebulan terakhir, termasuk 75 di antaranya di Kherson


1 hari lalu

Ukraina: Rusia Bawa Instruktur dari Iran untuk Luncurkan Drone Kamikaze

Pasukan Rusia dilaporkan membawa instruktur dari Iran ke daerah Kherson dan Krimea untuk meluncurkan drone kamikaze Shahed-136.


1 hari lalu

NATO Tak Takut Ancaman Nuklir Rusia

Jens Stoltenberg menegaskan NATO tak takut terhadap ancaman nuklir Rusia dan akan tetap mendukung Ukraina.


1 hari lalu

Ukraina Merangsek, Rusia Mengevakuasi Warga Sipil dari Kherson

Rusia mengevakuasi penduduk di Provinsi Kherson, Ukraina. Rusia kehilangan cengkeramannya atas daerah yang mereka caplok.


1 hari lalu

Sederet Isyarat Serangan Nuklir Rusia, Kenapa Amerika Belum Bereaksi?

Beberapa bulan terakhir, Putin telah membikin beberapa referensi ke serangan nuklir Rusia, dengan yang terkini ialah yang paling eksplisit.


1 hari lalu

Top 3 Dunia: NATO Gertak Rusia soal Senjata Nuklir

Berita Top 3 Dunia diawali oleh info NATO memperingatkan serangan nuklir Rusia dapat mengubah arah konflik di pertempuran Ukraina


1 hari lalu

Jika Ukraina Bergabung NATO, Pejabat Rusia: Perang Dunia III Akan Terjadi

Rusia kembali memperingatkan Ukraina agar tak bergabung dengan NATO. Konsekuensinya, Perang Dunia III bida terjadi.


1 hari lalu

PBB Mengutuk Pencaplokan Wilayah Ukraina oleh Rusia, Indonesia Ikut Serta

Indonesia termasuk di antara 143 personil PBB yang menguutuk pencaplokan 4 daerah Ukraina oleh Rusia dalam resolusi di Majelis Umum


1 hari lalu

Inggris Kirimkan AMRAAM ke Ukraina untuk Tangkis Rudal Rusia

Inggris menyumbangkan sistem pertahanan udara yang bisa menembak jatuh rudal jelajah ke Ukraina setelah serangan Rusia di Kyiv dan kota-kota lain


Selengkapnya